JavaScript is required to view this page. Di butuhkan Relawan Indonesia

Jumat, 08 Oktober 2010

Di butuhkan Relawan Indonesia

INDONESIA
Hingga penghujung tahun 2010 ini, Indonesia kehilangan tak kurang 191 ribu nyawa akibat bencana alam yang terjadi dalam kurun waktu 30 tahun terakhir (1980-2010) berdasarkan kalkulasi Indeks Resiko Bencana Alam Maplecroft, Inggris. Jumlah ini belum menggambarkan korban bencana sosial yang justru disinyalir lebih besar. Bahkan, bisa mencapai lebih dari dua atau tiga ratus kali lipatnya.

Sebagaimana bencana alam, bencana sosial pun di Indonesia tak kalah banyak variannya. Ada kemiskinan, pengangguran, kelaparan, kesehatan, kebodohan, konflik sosial, kerusakan lingkungan dan masih banyak lagi.

Kondisi ini jelas membuat kita, sebagai bagian dari masyarakat Indonesia, merasa prihatin sekaligus tergugah untuk melakukan apa yang kita mampu. Yang jelas kita mencintai Indonesia, meski terlalu banyak hal yang mesti dibenahi, bahkan hampir di semua aspek kehidupannya. Rasanya, justru inilah saat terbaik bagi kita untuk berbuat bagi Indonesia.

MENCARI
Ya, Indonesia mencari orang-orang yang peduli. Orang-orang yang terpanggil jiwanya untuk memberikan solusi bagi masalah kemanusiaan. Orang-orang yang berkontribusi positif bagi kemajuan pembangunan dan kemandirian Indonesia. Tidak sekadar mencari, bahkan memanggil, sambil terus menunggu kehadiran sekaligus mengharap dedikasi jiwa-jiwa peduli Indonesia yang dengan semangat pengorbanannya membantu memperbaiki Indonesia. Dengan kerja-kerja nyata, mereka memulihkan sekaligus memuliakan korban bencana alam dan bencana kemanusiaan. Dengan semangat kepedulian mendedikasikan karya tanpa harus diliput media.

RELAWAN
Sosok inilah yang dicari. Relawan ibarat mata air yang jernih di musim kemarau. Kehadirannya menjanjikan kesejukan dan optimisme bagi Indonesia. Merekalah pejuang sejati, yang sangat dibutuhkan saat ini. Merekalah pahlawan Indonesia masa kini. Relawan Indonesia yang berjuang tanpa pamrih membangun Indonesia dalam semua bidang kehidupannya.
Namun, relawan yang dibutuhkan Indonesia adalah relawan professional yang membangun berdasarkan ilmu dan skill, sekaligus pengalaman profesional. Bukan sekedar bekerja, tetapi mampu mengorganisir pekerjaannya. Akhirnya, edukasi relawan menjadi kebutuhan Indonesia saat ini.

UNIVERSITAS KERELAWANAN (UK)
UK adalah sebuah sentra edukasi terpadu (integrated learning centre) tentang kerelawanan di Indonesia. Dengan sistem pembelajaran efektif melalui sharing, studi kasus dan praktek kerja relawan di dunia kemanusiaan. UK adalah sebuah program edukasi kerelawanan untuk meningkatkan pengetahuan relawan, memelihara motivasi dan semangat kerelawanan sekaligus tempat berbagi dan sharing ilmu, wawasan, pengetahuan dan pengalaman praktis tentang dunia kerelawanan di ranah kemanusiaan dalam lingkup nasional, regional dan bahkan lingkup global.

UK Angkatan II dibuka. Selamat bergabung untuk memenuhi panggilan Indonesia !

Kampus Universitas Kerelawanan,
Graha ACT – Aksi Cepat Tanggap,
Komplek Perkantoran Ciputat Indah Permai Blok B 8-9,
Jl. Ir. H. Juanda No. 50, Ciputat, Banten – Indonesia
Hotline 0217414482 Fax 0217420664

Info lebih lanjut:
Sukorini, 081363882140
atau email: universitaskerelawanan@yahoo.com
http://act.or.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar